1. Apa
yang dimaksud dengan telematika ?
Kata
TELEMATIKA, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis "TELEMATIQUE"
yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi. Pertama kali memperkenalkan kata ini adalah penulis buku berjudul
“L’informatisation de la Societe” yaitu Simon Nora dan Alain Minc pada tahun
1978. Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem elektronik
berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya masing –
masing berkembang secara terpisah. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS
adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS" sebagai wujud
dari perpaduan konsep Computing and Communication.
Istilah
Telematics juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" yang
lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu
perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu
atau populer dengan istilah "konvergensi". Semula Media masih belum
menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi
pada saat itu. Menurut Wikipedia, Telematika adalah singkatan dari
Telekomunikasi dan Informatika.
Istilah telematika sering dipakai
untuk beberapa macam bidang,contoh adalah:
·
Integrasi
antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi
Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications
Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan
pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan
peralatantelekomunikasi.
·
Secara
umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem
Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian
integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication
technology).
·
Secara
lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan
lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
2. Berikan
penjelasan anda!
Proses bertemunya jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi. Dimana masih sedikit orang yang menjadi pakar
telematika di Indonesia ini.
3. Berikan
contohnya!
a. Layanan Telematika di Bidang
Informasi
Layanan yang pertama adalah layanan informasi. Layanan ini
memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai
penunjang keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi
untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di
bidang informasi :
·
Laporan Cuaca (Weather) layanan yang
memberikan laporan tentang informasi cuaca.
· Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock
Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan
bursa kepada publik.
b. Layanan Telematika di Bidang
Keamanan
Layanan yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan yang
memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi pada
jaringan sehingga berjalan pada tempatnya. Contoh dari layanan telematika
di bidang keamanan :
·
Antivirus
memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
·
Internet
Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
c. Layanan Telematika Context Aware
& Event Based
Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk
mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari
pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang
sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan
yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan
kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari layanan telematika
context aware & event based :
·
Location-based
service mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
d. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan
perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang
melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep
pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk
meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan
untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
4. Berikan
kelebihan dan kekurangannya!
·
Memudahkan dalam berbagai informasi
dengan waktu yang cepat
·
Memudahkan dalam memperoleh data
·
Memudahkan dalam berkomunikasi
·
Timbulnya ketergantungan terhadap
teknologi
·
Kebutuhan tenaga kerja manusia semakin
sedikit
·
Maraknya tindakan hacker dan virus yang
dapat merusak sistem
5. Berikan
saran anda!
Semoga Telematika di indonesia bisa
lebih berkembang lagi, bahkan semula kalangan bisa ikut serta dalam
perkembangan telematika.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar