A. ARTI PENTING KOMUNIKASI
Komunikasi tidak hanya terkait dengan bagaimana cara
menggunakan bahasa tapi sangat terkait juga dalam menyampaikan pesan dalam
bentuk yang lainnya seperti tatapan mata, gesture tubuh, serta mungkin
intonasi.
Komunikasi itu penting, semua orang tahu, karena ini merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap manusia pun tak lepas dari cara dia melakukan komunikasi. Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.
Komunikasi itu penting, semua orang tahu, karena ini merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap manusia pun tak lepas dari cara dia melakukan komunikasi. Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.
B. JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI
Jenis-jenis Komunikasi, yaitu :
1.Komunikasi Intra pribadi
2.Komunikasi Antar pribadi
3.Komunikasi Kelompok (Kecil)
4.Komunikasi Publik
5.Komunikasi Organisasi
6.Komunikasi Massa
1.Komunikasi Intra pribadi
2.Komunikasi Antar pribadi
3.Komunikasi Kelompok (Kecil)
4.Komunikasi Publik
5.Komunikasi Organisasi
6.Komunikasi Massa
PROSES KOMUNIKAS
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
1. Penginterpretasian.
2. Penyandian.
3. Pengiriman.
4. Perjalanan.
5. Penerimaan.
6. Penyandian balik.
7. Penginterpretasian.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
1. Penginterpretasian.
2. Penyandian.
3. Pengiriman.
4. Perjalanan.
5. Penerimaan.
6. Penyandian balik.
7. Penginterpretasian.
C. KOMUNIKASI
EFEKTIF
Komunikasi dapat dikatakan efektif
apa bila komunikasi yang dilakukan dimana :
1. Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh
1. Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh
pengirimnya.
2. Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat
disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti dengan
perbuatan yang diminati oleh
pengirim.
3. Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk
3. Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk
menindaklanjuti pesan yang
dikirim.
CONTOH KASUS KONFLIK KOMUNIKASI DALAM
ORGANISASI BESERTA SOLUSINYA
Contoh kasus yaitu dalam rapat mingguan sebuah
perusahaan pastilah masing-masing individu memiliki argumen dan pendapat yang
berbeda-beda. Perbedaan pendapat tersebut terkadang dapat memicu adanya suatu
perdebatan yang apabila dibiarkan dapat berujung pada konflik. Dan tentunya hal
ini dapat menghambat lahirnya suatu keputusan bersama. Untuk itu pimpinan
perusahaan atau pimpinan rapat harus bersikap bijak dalam menyelesaikan konflik
tersebut.
Solusi yang dapat dilakukan antara lain yaitu :
a. Memanggil karyawan yang terlibat untuk diberikan arahan. Seorang pemimpin harus berhasil mengeluarkan masalah-masalah yang membuat konflik yang terjadi pada karyawan tersebut, untuk dicarikan solusinya melalui musyawarah bersama.
b. Melakukan evaluasi terhadap berbagai kemajuan
atau kemunduran yang diperoleh. Dengan memperlihatkan bahwa dengan konflik
telah merugikan TIM secara menyeluruh.
c. Membuat peraturan bersama dengan karyawan agar
ketika konflik yang mengacu pada dampak negatif sehingga mengakibatkan
hancurnya organisasi tersebut, maka bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak yang
terlibat karena adanya peraturan yang sudah disepakati bersama.
KESIMPULAN
Komunikasi adalah proses
penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain dengan
tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama.
Komunikasi dalam
organisasi merupakan suatu komunikasi atau proses untuk anggota menghimpun
informasi yang berhubungan dengan organisasinya dan merubah apa yang terjadi di
dalamnya.
Komunikasi dalam suatu
organisasi sangat penting agar tidak terjadinya salah penyampaian informasi
antar anggota dalam suatu organisasi dan agar tercapainya tujuan tertentu.
Proses
komunikasi adalah bagaimana komunikator
menyampaikanpesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu
persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proseskomunikasi ini
bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan
komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Referensi
Komentar
Posting Komentar