1. Pengertian dan
Karakteristik Kelompok
Kelompok
adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan saling
bergantung dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama. Berbagai
kelompok manusia bisa ditemukan di atas permukaan bumi ini. Mulai dari kelompok
orang yang mempunyai hobi yang sama, aktivitas yang sama, sampai kelompok orang
yang berasal dari suatu daerah yang sama.
Karakteristik Kelompok:
1.
Terdiri dari 2 orang atau lebih
2.
Adanya interaksi terus-menerus
3.
Adanya pengembangan identitas
kelompok
4.
Adanya norma-norma kelompk
5.
Adanya diferensiasi peran
6.
Peran yang saling tergantung
7.
Produktifitas bertambah atau
meningkat
2. Tahapan Pembentukan
Kelompok
1. Forming.
2. Storming.
3. Norming.
4. Performing.
5. Adjourning dan Transforming
2. Storming.
3. Norming.
4. Performing.
5. Adjourning dan Transforming
3. Kekuatan Team Work
Team
work atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk
mencapai tujuan yang sama. Secara umum untuk membangun teamwork yang solid
dibutuhkan beberapa syarat :
1. Jangan
bersikap individualistis.
2. Berikan
kontribusi
3. Bersikap
fleksibel
4. Komunikasi
5. Komitmen
6. Kepercayaan
dan saling menghargai
7. Patuhilah pemimpin
Di setiap
perguruan tinggi atau universitas pasti tidak akan lepas dari yang namanya
organisasi, dalam suatu organisasi. Ketika it mengadakan sebuah acara sebutlah
acaranya SEMINAR. Dalam acara tersebut pasti akan di tentukan struktur
kepanitiaannya. Suatu ketika setelah tersusun panitia yang terdiri dari ketua,
wakil ketua, sekretaris, bendahara dan lainnya. Kemudian setiap bidang masing
masing mengadakan rapat untuk kelanjutan acara yang akan di laksankanny.
Solusinya:
Dalam suatu organisasi , pasti akan mengalami masalah .
Untuk itu , di butuhkan beberapa solusi yang baik untuk menanganinya .
Pemecahan masalah didefinisikan sebagai suatu proses penghilangan perbedaan
atau ketidak-sesuaian yang terjadi antara hasil yang diperoleh dan hasil yang
diinginkan (Hunsaker, 2005) . Salah satu solusi yang terbaik akan hal tersebut
adalah bagaimana seorang pemimpin dalam suatu organisasi yang bersangkutan
mengambil keputusan .
Masalah adalah sesuatu yang pasti terjadi dalam
kehidupan kita , baik dalam kehidupan sosial , maupun kehidupan yang bersifat
profesional dan akan menimbulkan faktor faktor persaingan . Untuk itulah sulit
untuk dapat diterima bila seorang yang tidak memiliki kompetensi untuk
menyelesaikan masalah, menjadi seorang manajer (Whetten & Cameron, 2002) .
Cara pemecahan masalah itu sendiri tergantung seberapa
kreatifkah kita menyikapi masalah , dan bagaimana mengambil cara yang terbaik
dalam memecahkan suatu masalah . Sayangnya, pilihan pertama yang mereka ambil
seringkali bukanlah solusi terbaik. Secara tipikal, dalam pemecahan
masalah, kebanyakan orang menerapkan solusi yang kurang dapat diterima atau
kurang memuaskan, dibanding solusi yang optimal atau yang ideal (Whetten &
Cameron, 2002). Pemecahan masalah yang tidak optimal ini, bukan tidak mungkin
dapat memunculkan masalah baru yang lebih rumit dibandingkan dengan masalah
awal
Mungki berikut ini adalah
solusi yang bisa di lakukan dalam berorganisasi :
1) Netralisasi sikap
2) Mengubah sikap
3) mengurangi perbedaan yang ada
4) memecahkan masalah bersama-sama
2) Mengubah sikap
3) mengurangi perbedaan yang ada
4) memecahkan masalah bersama-sama
Kesimpulannya
Kelompok atau team merupakan
sekumpulan individu yang cukup kecil dimana untuk berkomunikasi lebih mudah.
Para anggota saling berhubungan satu sama lain dengan beberapa tujuan yang sama
dan memiliki semacam organisasi atau struktur diantara mereka. Kelompok
mengembangkan norma-norma, atau peraturan yang mengidentifikasi tentang apa
yang dianggap sebagai perilaku yang diinginkan bagi semua anggota tersebut.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar