Disini akan dijelaskan kode etik dalam
menggunakan email. E-mail dapat membantu dalam banyak hal. Tapi penggunaan
e-mail tanpa etiket yang benar dapat berakibat fatal dalam beberapa kasus.
Beberapa petunjuk singkat kiat-kiat ber "e-mail" yang baik:
E-mail dapat digunakan untuk memberikan
info singkat yang jelas, untuk meminta petunjuk dari atasan ataupun memberikan
perintah tugas sederhana kepada staf lain Jangan gunakan e-mail untuk informasi
yang kompleks ataupun masalah yang membutuhkan pemecahan dari beberapa orang. Dalam hal ini e-mail bukanlah alat terbaik
dalam proses pengambilan keputusan yang cepat.
1. Jangan gunakan e-mail untuk hal-hal yang
bersifat sangat pribadi atau subyektif karena kemungkinan kesalah-pahaman dapat
sangat terjadi.
2. Jangan gunakan e-mail bila hal ini akan
mengurangi kesempatan anda bertatap-muka dengan seseorang E-mail tidak akan
pernah dapat menggantikan manfaat yang lebih besar dari komunikasi tatap-muka.
3. E-mail dapat digunakan sebagai salah satu
variasi dalam memberikan motivasi kerja ke rekan lain berupa pujian, ucapan
terima-kasih dsb.
4. Sebelum mengirimkan suatu pesan e-mail,
pertimbangkanlah apakah pesan tersebut layak/pantas diterima si penerima. Isi
e-mail tertentu dapat membuat si penerima salah paham dan menimbulkanrasa
marah. Bila anda menerima e-mail seperti itu, segeralah jawab kepada si
pengirim untuk tidak mengirimkannya e-mail sejenis itu lagi.
5. Abaikan segala jenis e-mail yang bersifat
"surat berantai" atau HOAX (ancaman yang tidak benar mengenai virus
komputer). Hal ini hanya akan membuang waktu dan menurunkan produktifitas kerja
anda.
6. Segeralah jawab e-mail yang membutuhkan
jawaban anda. Bila anda belum mempunyai jawabannya, kirimkanlah pesan bahwa
anda akan menjawabnya pada waktu atau tanggal tertentu.
7. Sediakan waktu khusus (misalnya setiap
pagi, saing dan sore @ 1/2 jam) untuk memeriksa e-mail anda agar produktifitas
kerja anda terjaga.
8. Sesuaikan bahasa e-mail anda dengan kepada
siapa saja e-mail itu anda tujukan. Ingatlah bahwa dengan e-mail anda dapat
berkomunikasi langsung dengan berbagai pihak/posisi dalam suatu perusahaan.
9. Hati-hatilah, e-mail dapat menjadi alat
penyebar virus yang cepat bila terlampir program-program komputer yang tidak
ter"scan" dengan baik.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar